#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

29 Desember 2013

ILMU KIRA-KIRA

Berlibur dirumah mertua menyisakan banyak cerita. Terutama urusan dapur. Tau tow sob, jika perempuan dan dapur adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Sebagai seorang ibu muda [ngakunya], saya lagi getol-getolnya belajar masak.  Gengsi dong, sama mertua. Kan saya jarang mengunjungi mertua kecuali ngepasi liburan seperti sekarang ini. Bermaksud unjuk gigi, memasak untuk bapak mertua tersayang...aisssh.

Maka mulailah, dihari pertama. Sengaja saya bikin dua macam menu, sayur sop dan bihun goreng lombok ijo. Tahu dan tempe goreng tepung untuk lauknya. Bumbu dasar dari jenis kedua menu yang saya masak intinya sama. Tapi, entah mengapa rasa yang dihasilkan sungguh berbeda. Maka, sudah bisa ditebak kan sob, yang laris manis sampai habis adalah salah satu masakan, yaitu bihun goreng lombok ijo. Waktu kaka' makan, saya nanya ke dia. Apanya yang bikin beda?  "keasinan" jawabnya enteng. 

Tabiat yang sulit saya ilangin sebenernya, paling malas nyicipin masakan. Setahu saya, itu kan penting. Tapi itulah saya, over pede dengan takaran bumbu yang udah saya bikin. Beruntungnya,.. ada kaka' yang telaten mau nyobain rasa masakannya. Tu kalau dia ada dirumah, bisa dimanfaatkan. Kalau tidak? 

Menjadi satu resolusi ditahun 2014, saya harus bisa masak. Masak yang sesungguhnya, baik dari rasa maupun tampilannya [uhuk]. Banyak komponen pendukung supaya saya bisa masak dengan rasa seimbang. Salah satunya wajib mempelajari ilmu kira-kira. Sebab, tanpa ilmu kira-kira apalah arti masakan yang telah susah payah kita buat. Bener ga sob...?! Yang ada bakal keasinan, atau malah anyep tanpa rasa sama sekali.

sukses dihari ke'enam...*yippi

55 komentar :

  1. Menarik sekali nih mba. Perempuan dan dapur konon memang merupakan dua hal yang tak bisa dipisahkan.Dapur identik dengan urusannya kaum Hawa. Namun seiring dengan kemajua zamanya juga kini kaum suami (Pria) juga sudah mulai "turun gunung" merambah Dapur dan urusan rumah tangga lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya protes. menarik apanya Kang, coba!
      wong kita keasinan overdosis koq gara2 ilmu kira2 ini.
      huhh

      Hapus
    2. He..he.... daripada ga asin kan anyep Bang Zach ?

      Hapus
    3. mending anyep daripada asin, mas..... brrrrrrrrr... cuma mbayangin aja udah kerasa di lidah

      Hapus
  2. Bihun Goreng juga suka hiehheie. Asyik juga nih Bihun Gorengnya. Kadang juga suka sama Bihun Berkuah. Saya juga senang mencoba resep resep yang ada dari Buku Resep masakan yang saya beli dari GRAMEDIA> Semua bahan dan takarannya sesuai dengan Buku Resep. Kadang rasanya nda "pas" , maka ilmu "kira kira" ini biasanya diterapkan. Hiheiheihee. Kalau ke asinan, tambah airnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo ilmu 'kira-kira' milik mbak cii berbeda, suhu

      #cepetan kabur

      Hapus
  3. sy sndiri juga masih belajar mbk dalam hal memasak, maklum mahasiswa ngirit.. :)
    salam kenal n salam kunjungan mbk

    BalasHapus
  4. ilmu kira-kira , harus mempertajam intuisi berarti kak . hhe

    BalasHapus
  5. Hayuu mba, semangat... semoga di Tahun 2014 mba bisa lebih jago masaknya...
    Kalau kata teman saya, pengen gitu kaya Chef2... Mungkin biar pakai ilmu kira2 dan mata sambil merem bakalan "Taraaaaaa jadilah makanan terenak..."

    BalasHapus
  6. haha mengandalkan ilmu kira kira biasanya menghasilkan suatu yang memuaskan

    BalasHapus
  7. hahaha kalau ibu ibu masak memang nggak perlu takaran takaran yang pas mbak cii.. cukup dengan ilmu kira-kira malah rasanya makin mantap... hehehe aoalagi kalau kebanyakan garam.. hmmm sitik wae wes kroso mbak rasane.. jadi nnggak perlu banyak ngambil sayur nya hehehehehe

    BalasHapus
  8. Semoga berhasil belajar masaknya ya :)

    BalasHapus
  9. perempuan dan dapur tak bisa dipisahkan?
    perempuan mirip panci donk ya mbak?

    BalasHapus
  10. Hehe, bikin ngiler saja mbak!
    Yang sulit adalh mencoba mengira2 takaran penyedap!

    http://problogiz-tech.blogspot.com

    BalasHapus
  11. ilmu kira-kira kadang memang dianjurkan kalau nggak ada ketentuan yang pasti. Minimal mendekati benar ya mbak, misalnya saja dalam memasak :)

    BalasHapus
  12. waaaah enak tu mbak kayaknya
    boleh gak kalau minta??
    hehehe

    BalasHapus
  13. semangat mabak.. bisa 7X.. hehe
    itu yg di foto sambal sama cambah y mbak?

    mampir y dpostq yg baru :)

    BalasHapus
  14. biasanya kalau lagi puasa mbak ilmu kira kiranya ya...
    dilihat dari gambarnya huffffssss kayaknya seger dan menyelerakan tuh...nasinya pasti habis banyak ya mbak

    BalasHapus
  15. Judul nya Greget :D "ILMU KIRA KIRA" :D


    Admin
    Cyber4rd.blogspot.com

    BalasHapus
  16. Ilmu kira-kira identik dengan intuisi dimana perkiraan bisa berbeda tiap orangnya. Jadinya masakan itu mempunyai rasa yang berbeda padahal dengan bahan yang sama.

    Sebaiknya juga memasak dengan cinta agar ilmu kira-kira dapat terwujud seperti yang diinginkan.

    BalasHapus
  17. harus ada pertimbangan juga kira2 gagal atau kira2 berhasil ya mbak :D

    BalasHapus
  18. urusan dapur ya urusan cewek, tapi ya dirasain dong masakannya sebelum disajikan, biar tau enak apa kagak kan mbah?

    BalasHapus
  19. yak! kali ini gue setuju. Bahasa secukupnya atau seperlunya dalam dunia dapur itu emang kira-kira aja... XD

    BalasHapus
  20. saya dong paling sering kira-kira.
    dan perkiraan saya selalu tidak tepat.
    hebat kan

    BalasHapus
  21. Wah kalo males icip-icip bisa angkat asisten masak, khusus bagian nyicip hehe..

    BalasHapus
  22. itu makananya pasti gurih-gurih enyoy yah mas? hehe

    BalasHapus
  23. Tag linenya oke banget nih, saya suka pemiihan tag line ilmu kia-kira ini. Apalagi kalau dalam hal kuliner. Asal jangan kelebihan garam atau kurang garam masakannya. he,, he,, he,,,, (delema)

    Salam,

    BalasHapus
  24. aku banget tuh pakai kira-kira takarannya :)

    BalasHapus
  25. semoga resolusi tahun 2014 nya bisa terwujud ya...jadi ilmu kira-kiranya bisa semakin canggih,,,kira-kira banyak yg suka masakannya nggak ya....kira-kira masakannnya habis nggak ya....atau kira-kira ada yg mau makan atau nggak ya hasil masakannya....,
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  26. Sama .. saya juga kalo bikin nasi goreng pake ilmu kira2 ...

    BalasHapus
  27. Semoga makin di sayang sama mertua berkat masakanya yang enak nih mbak..

    BalasHapus
  28. Yah, emang mesti di kira2..hanya saja, ada yg perkiraan nya sudah terlatih dan ada yg belum terlatih hehehe

    BalasHapus
  29. nymak aja mbak :):)
    moga makin disayang mertua ! *kata" mas yang diatas :D:D:D

    BalasHapus
  30. kalo saya,ilmunya tanya ibu...bumbunya kira2 takarannya/banyak dikitnya..nah pas ngasih bumbu garam gula baru dirasain,kl baunya sedap,rasanya dah persis sm mskn ibu baru klik matikan kompor..yeaaaa,,,,,

    BalasHapus
  31. hahaha si mba ini ada kemauan untuk memasak walaupun hasilnya kurang yakin... semoga esok kelak bisa jadi chef andalan keluarga. hehe

    BalasHapus
  32. Saya kalau masak juga masih ilmu kira-kira dan coba-coba sih :))
    Tapi karena alat masak terbatas, menu yang bisa dimasak jg baru terbatas..
    biasa masak buat bekal doank soalnya :D

    BalasHapus
  33. kalau sudah terbiasa pasti udah nggak kira-kira lagi mbak, soalnya udah pasti resep dan ukuran/takaran bumbu nya pas. Jadi pasti rasanya pun akan sedap hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo udah sedap makan makanannya jg harus kira kira juga ya mbak

      Biar kebagian juga yg laennya

      Hapus
  34. nah gitu dong, resolusi masak, jangan manjat pohon toge ...

    BalasHapus
  35. slmat thn baru mbk. smga di thn 2014 sukses selalu Amin.

    BalasHapus
  36. jadi ragu klo disuguhin masakan mbak cii....... uuups..

    BalasHapus
  37. wah wah, belum ahli masak to, hati-hati lo nanti bisa dipecar jadi menantu sama mertua :D
    Keasinan berarti minta kawin lagi :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. dipecat alias dipensiunkan, ah terlalu bersemangat ngetiknya :)

      Hapus
  38. waw kren sekali, cewek bisa masak itu sesuatu banget mbak

    BalasHapus
  39. Hehe, balik lagi nih ikut meramaikan

    BalasHapus
  40. saya juga sampe skrg kalau masak masih pake ilmu kira-kira. Makanya suka bingung kalau ada yg minta resep :D

    BalasHapus
  41. sayangnya... perempuan yg nulis komen ini blm bs bersahabat dg dapur.. hiks.. *tutupanserbet...
    dan menu apa di hari ke-6 itu, say? sayur asem + tempe penyet kah? *ilmu ngira2 juga.. hihi...

    BalasHapus
  42. untungnya saya sebagai mertua cukup mengerti kenapa menantuku kuranag pandai masak...."kenapa anakku milih yang ngga bisa masak ya?"...tanyaku dalam hati

    kata m'bah...kalau masakannya keasinan, berarti pengen kawin...looch...kan udah dikawin oleh anakku...gimana ini coba?....

    #seolah olah....;o)

    BalasHapus
  43. semoga benar-benar bisa memasak yah untuk resolusi 2014

    BalasHapus
  44. The die and punch are made up of High Carbon High Chromium Steel. Developed excessive precision feeder for microsheet forming, with out use of any mechanical transmission. Design was arrived at by performing motion analysis and feeding simulations. Greater feeding accuracy and novelty shower curtains repeatability was achieved, which was difficult task at 5%–15% of the strip thickness. Small radii are sometimes used at 90 diploma forms to prevent fracture of the steel on the outside radius during the forming operation.

    BalasHapus

Terima Kasih sudah berkunjung
Maaf, menyertakan LINK HIDUP PADA KOMENTAR AKAN DIHAPUS