#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

13 Maret 2017

Telaga Sidringo, Pesona Telaga Indah di Batang Jawa Tengah


Kabar tentang perbaikan jalan tembus Kabupaten Batang menuju Dieng membuat saya dan oppa penasaran. Meniatkan diri untuk melihat secara langsung bukan lagi jare-jare. Alasan lain adanya foto-foto telaga indah yang banyak diunggah di instagram. Berbekal itu smua berangkatlah kami menuju kesana.

Jalan tembus Dieng via Batang
Beda dulu beda sekarang. Kalau dulu jalan-jalan ke Batang ya cuma ke Kebun Teh Pagilaran atau Pemandian Bandar. Sekarang sih banyak tempat yang bisa dikunjungi. Ada Jembatan Buntu, Kebun Bunga Krisan sampai Kembang Langit yang sangat hapening itu. 
Termasuk Telaga Sidringo yang akan kami tuju, menjadi salah satu magnet destinasi di Batang. Menuju Sidringo dari Batang pantura lurus saja sampai Bandar. Di pertigaan ponpes Tazakka, bertemu tanjakan lurus ikuti jalan melalui desa Kembanglangit dan Gerlang. 
Perbaikan jalur Batang-Dieng membuat jalanan ini cukup ramai oleh pengendara motor maupun mobil. Jadi kalau kalian mau ke Dieng via Batang, bisa mampir Kembang Langit sekaligus ke Curug Sibiting dan tentu saja bisa ke Telaga Sidringo.

jalan tembus Dieng via Batang setelah diperbaiki

semacam rest area ☺
Serupa tapi Tak Sama
Jalanan ini sebenarnya tidak terlalu asing bagi kami. Secara di tahun 2012 kami pernah turun dari Dieng via Batang. Yang membedakannya, dulu jalan itu menyerupai kali sat. Kami menyebutnya demikian karena jalanan berupa bebatuan yang ditata. Terjal dan menjadi tantangan tersendiri untuk melaluinya. Bahkan saking capeknya, motor kami sempat nyungsep di kebun teh yang berada disisi jalan. Kondisi saat itu sepi, hanya ada satu perkampungan penduduk yang kami temui sisanya hanya suara-suara serangga liar.

perkampungan di desa Gerlang
bunga-bunga liar
Telaga Sidringo, Ranu Kumbolonya Jawa Tengah
Buat kalian yang pernah ke Semeru, pastilah gak asing dengan Danau Ranu Kumbolo. Kurang lebih, hampir sama dengan Telaga Sidringo secara view dan letaknya diantara deretan pegunungan. Padang rumput disekeliling telaga sering dijadikan sarana camping. Moment sunrise bisa dinikmati disini.
Telaga Sidringo berada di perbatasan Kabupaten Batang dan Banjarnegara. Tepatnya di desa Mojotengah, Reban Kabupaten Batang dengan ketinggian sekitar 2.222 mdpl.

tiketing
area parkir
Telaga Sidringo



Akses jalan menuju Dieng bisa dikatakan lumayan, namun sesampainya di pertigaan Reban menuju Sidringo lagi-lagi harus uji nyali. Lelah hayati tak pelak menyertai. Yups, untuk menikmati keindahan alam butuh perjuangan kan sobs. Estimasi waktu 2 jam menjadi molor, sesekali rehat dan berhenti untuk sekedar ngopi mengumpulkan energi untuk melanjutkan perjalanan.
Gimana sobs, kalau kalian sudah sampai Dieng gak ada salahnya mampir ke Telaga Sidringo. Melihat pesona alam dringo secara nyata.


34 komentar :

  1. Apiiik.. Nek nganggo mobil piye? Mungkin rak tekan kono?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketoke tekan mba, ada sih mobil pick-up ngangkut sayuran d desa terdekat

      Hapus
  2. Jiaaah aku br tau.. Trakhir ke dieng thn 2013, tp kyknya g lwt batang sih mba. Cakep bgt pdhl ya danaunyaa. Pgn ih kliling jawa lagi, trutama dieng, trs mampir telaga ini deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aiiiih, keliling k negara orang terus ga ada capeknya.
      ayoo kapan keliling jawa, mampirlah dimari

      Hapus
  3. Baguuuuuussss....

    Nge-camp memang asyik ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ni mba susi, bawa tenda lanjut lihat sunrise disini...

      Hapus
  4. Perjalanan seru yang terbayar dengan pemandangan alam yang bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betuul mb, butuh perjuangan untuk mendapatkan view yg indah

      Hapus
  5. pemandangan alamnya itu..dekat danau...
    kayaknya sejuk bikin tenang... he2

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang banget mba,...
      saking tenangnya pengin bergegas pulang..hihihi

      Hapus
  6. Tapi kira-kira bisa untuk mandi kagak ya ? nama yang asing, telaga sidringo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa lah, bebek aja pd mandi d situ. sidringo diambil dari kata dringo dan itu mengandung arti tertentu...

      Hapus
  7. Namanya unik ya mbak, ternyata Batang punya spot wisata yg kudu dikembangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes mba, klo dilihat dr akses menuju ksana memang butuh sentuhan dr pemda setempat. secara medannya lumayan lah....hehehe

      Hapus
  8. masih asri banget ya mbak. ada angkutan umum gak kalo ke sana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. angkutan umum, kayae belum ada. bisa pake kendaraan pribadi, motor atau mobil

      Hapus
  9. jadi lebih singkat ya kalau mau ke Dieng lewat Batang?
    waah, waktu ke Dieng nggak ke telaga sidringo,
    harus datang lagi ya sepertinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. datanglah mba monda,... ke dieng via batang bisa menikmati view khas pegunungan berupa rimbunnya pepohonan dan ragam sayuran

      Hapus
  10. Batang juga punya Telaga nan indah sangat yah...nanti ah kalau lewat mau mampir sekalian kopdar sama adminnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuklah kang, bawain ubu cilembu yak...hehehe

      Hapus
  11. Selalu kagum sama yang kuat nanjak.. Dan pasti suka bgt baca2 ceritanya. Keep it up mba..

    www.theamazingjasmi.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau tau BTS nya,....antara pegel dan balsem....hihihi

      Hapus
  12. wihhh keren ia, .....memang mantab dah !!!

    BalasHapus
  13. petualang tenan mbakyuku siji iki
    aku nggak dihak hiksssss

    BalasHapus
  14. memanjakan mata banget telaganya
    bawaannya lihatnya jadi sejuk dan tenang

    BalasHapus
  15. Iya ya sekarang banyak yang bagus. Dulu aku taunya Bandar. Sahabatku orang Batang, jadi dulu sering naik angkot main ke Batang.

    BalasHapus
  16. Wuihhh seger banget ya, di dekat telaga gitu pas tengah hari yang cukup terik juga.

    BalasHapus
  17. Keren banget Ranukumbolo versi Telaga Sidringo van Batang ini Jeng Yuni. Kabutnya asiik

    BalasHapus
  18. Butuh fisik bugar buat jalan ke telaganya ya mbak, latihan dulu deh jalan-jalan tiap hari, hahaha

    BalasHapus
  19. cuacane enak ya mba, aku pas kesitu ujan deres heuu

    BalasHapus
  20. baguuus pemandangannya tante

    BalasHapus
  21. usaha dan perjuangan yang berujung manis saat sampai ......
    haaaa .... Pasti terbayar LUNAS ..

    BalasHapus
  22. seger nih suasananya kalau dilihat foto fotonya,

    BalasHapus
  23. Dealer totaling 22 will push all non-breaking participant arms. A "Buster Bet" is on the market as an optionally available wager with a restrict of $1 to $25, and pays according to the payout posted at the table. This is an exciting new recreation in which players play two arms and have the opportunity to switch the second card of 카지노사이트 every hand to try to make a greater hand. Blackjack Switch additionally options an optionally available Buster Blackjack side guess. On Buster Blackjack when the dealer busts the players win and will get paid in accordance the posted pay table. When dealer's face-up card is an ace, players are given an opportunity to take "insurance coverage," which is betting dealer holds blackjack.

    BalasHapus

Terima Kasih sudah berkunjung
Maaf, menyertakan LINK HIDUP PADA KOMENTAR AKAN DIHAPUS