#navbar-iframe { height:0px; visibility:hidden; display:none }

28 Mei 2017

Serunya Outbond Deswita Pandansari

www.niefem.com-Desa Wisata atau disingkat DESWITA merupakan salah satu wisata yang cukup happening setahun belakangan ini. Lokasi Deswita Pandansari lumayan terjangkau. Berada di perbatasan Pekalongan dan Batang. Aksesnya juga mudah, bisa dengan kendaraan roda dua maupun mobil pribadi. Kalau dari jalan raya, masuk ke lokasi kurang lebih sekitar 200 meter.
Sebenarnya sejak lama memendam keinginan untuk datang kesini. Apalagi setelah beberapa sekolah upload foto-foto kegiatan outbond di Pandansari. Alhamdulillah, berkat kerjasama pihak sekolah dan komite orang tua murid bisa terlaksana pada awal bulan mei.

Dari deswita Pandasari menyediakan beberapa pilihan paket adventure. Salah satunya adalah paket yang kami ambil, yaitu paket outbond untuk anak (minimal 20 anak) dengan biaya 45 ribu per anak. Untuk paket ini, anak-anak mendapatkan fasilitas 5 game edukatif,tubing/rafting 300 meter, makan plus teh hangat, bonusnya opak sambel.

Kelompok Bermain Ma'had Islam Pekalongan

Meet point di sekolah kami. Setelah selesai checking, berangkatlah kami menuju deswita Pandansari. Sekitar jam 9 kami touch down. Disambut oleh beberapa guide yang siap memandu kegiatan. Dari awal berangkat, anak-anak terlihat ceria. Mereka hepi banget, memakai sepatu boots dan topi biar tidak kepanasan.
Sebelum memulai kegiatan, kami berkumpul di base camp. Selanjutnya bersama para guide menuju lapangan diseberang sungai. Jarak base camp ke lapangan cukup jauh. 
Karena terbawa suasana, anak-anak ga ada yang menampakkan kelelahan. Mereka enjoy dan siap bermain.

Chicken Dance for Opening
Sesampainya di lapangan, anak-anak membentuk barisan. Sebelum nge-game anak-anak diajak pemanasan terlebih dulu dengan chicken dance. Wah, lincah sekali mereka. Seolah tak mau kalah dari anaknya, beberapa ortu ikut serta.

Kelar pemanasan, game pun dimulai. Apa saja yaa...?! kayaknya sih lumayan seru dan belum pernah dilakukan disekolah. Pastinya teman-teman kecil bakal lebih bersemangat lagi.
Makin penasaran?!, nah ini dia games'nya :

Estafet Karet dan Air
Masih di tempat yang sama, anak-anak diajak melakukan estafet karet dan air. Anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok membentuk barisan memanjang. Piring kecil dipakai untuk memindahkan air yang nantinya dituang jadi satu dalam ember. Begitu juga dengan estafet karet. Dipindahkan dari satu anak ke anak yang lain dengan menggunakan sedotan. Pemenangnya adalah yang paling banyak mengumpulkan karet.


Bola Mahkota
Di game kedua ini, anak dibagi lagi kedalam beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 anak. Setiap anak akan memegang ujung tali yang menghubungkan tali satu dengan lainnya. Nah, tugas anak-anak membawa bola dengan rangkaian tali dan menaruhnya diatas pipa. Menurut saya, game ini agak sulit untuk anak-anak playgroup. Proses membawa bolanya sih ok, tapi untuk menaruh diatas pipa. Susah yaa. Mungkin kalau tinggi pipa disesuaikan dengan anak insyaallah mereka gak akan kesulitan.


Menjaring Ikan
Basah-basahan. Nyemplung kedalam kolam ikan. Berbekal cething wadah nasi dari plastik. Anak-anak bersiap menjaring ikan. Di game ini, anak-anak bebas bermain karena tidak lagi dibutuhkan kerjasama.

Ngeliat mereka nyempung jadi pengen ikutan....hehehe. Ukuran kolam yang agak besar cukuplah untuk menampung sekitar 15 anak. Airnya bersih lho temans, air alami pedesaan.
Tandur (Tanam Mundur)
Sebagian teman kecil menjaring ikan. Sebagian lainnya nandur padi yaa. Areanya bersebelahan. Jadi nanti bisa gantian. Satu anak kebagian sepuluh bibit padi yang harus mereka tanam di tanah berlumpur. Etapi mereka tetap semangat belajar menanam padi.
Closing dengan River Tubing
Setelah puas nge-game, kami kembali menuju base camp. Prepare river tub. Anak-anak dibekali helm dan pelampung. Are you ready?!.... Yes lets go. Dan kami pun harus kembali berjalan menyusuri sungai menuju start pemberangkatan. Perahu karet telah bersandar. Bergegas kami naik, duduk manis menikmati arus sungai.
River tub singkat dengan jarak 300 meter. Masih pengen?! iya pengen lagi dengan arus yang lebih menantang. Bisa banget ya temans karena paket outbond deswita Pandansari juga menyediakan untuk orang dewasa. 
Seru kan kegiatan outbond kali ini. Smoga bisa menjadi kegiatan akhir tahun sekolah yang bermanfaat untuk anak-anak semua. Tetep yaa kepoin blog bu ustadzah yuni karena masih ada lagi aktivitas menarik lainnya. see you.

Sumber Foto :
Dokumentasi wali murid KB Ma'had Islam Pekalongan

19 komentar :

  1. kegiatannya seru banget..
    lucunya ngeliat bocah2 kecil itu megang2 ikan he.. he..
    tadi liat share ini di FB, kukira Deswita Pandansari itu nama cewek cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang cantik koq mba......,alamnya....hehehe

      Hapus
  2. Kegiatan outbond yg menarik Jeng Yuni. Pegang ikan, tandur bahkan tubing sesuai umur. Pembelajaran berbasis alam yg kreatif. Bu guru nya ciapa...cih...

    BalasHapus
  3. Waw seru banget ya ... aku jadi pengen ke DESWITA ini...

    Apalagi liat River Tubing.. jadi teringat saat aku mandi pakai Banana Boat yang alami... sebelum mandi nebang dulu batangnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bener2 alami mang. inget waktu banjir....

      Hapus
  4. Ceritane seko Doro pingin ciblon neng kunu, tekan kunu jam 3an eh jare penjogo basecamp e "Para guide e wes sayah". Yaudin gak sido maenan tubing wis T_T

    BalasHapus
  5. Deswita, kirain nama bidadari-bidadari surga. Ternyata Desa Wisata, lebih keren sebenarnya disingkat Dewis atau Deta jadi sedikit maco gitu.
    Belajar tandur dan river tubing terasa lebih menantang, anak-anak dekat dengan alam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena aku perempuan, deswita lebih cakep deh kayae. easy listening juga....wkwkwkwk

      Hapus
  6. Seru banget adik2 main sambil belajar. Maunya sekalian juga ibu2 nya lomba tandur siapa cepat. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ada lebih heboh dari anak-anaknya....hadewh ga kebayang deh

      Hapus
  7. Aku kira Deswita nama orang xixi taunya destinasi wisata. Seru y mba tapi kebayang mba bawa anak2 kecil soalnya pas aku magang di TK outbond lahdalah aku keringetan kejarin, ada yang nangis juga duh sampe bner2 kerasa cape :p tapi ini hebat yah semua anak tertib sneng liatnya ga kek pengalaman aku :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat aslinya deh,....lebih tertib. hihihi :p

      Hapus
  8. Wong lor do ngidol, wong kidol do ngalor ben seimbang hahaha. Btw fotone apik2 mba

    BalasHapus
  9. Lokasinya seru, tempat yang cocok untuk wisata outboud.. seperti beberapa waktu lalu kami juga berwisata outbound ke ci seeng-bogor..

    BalasHapus
  10. Waaa... yang paling asyik asyik itu yang river tubing. Lebih banyak tantangannya...

    BalasHapus
  11. pas ni tempat liburan bareng keluarga

    BalasHapus
  12. Aiisshhhh outbond anaknya seru bgt mba, sampe ada tubing segala.. Anakku yg msh tk A, pasti seneng nih. Apalagi kalo deres airnya.. Kalo sekolahnya nas, blm prnh kAyaknya outbond.yg ada cm jalan2 biasa, tp bukan outbond.. Makanya anakku srg bosen :)

    BalasHapus

Terima Kasih sudah berkunjung
Maaf, menyertakan LINK HIDUP PADA KOMENTAR AKAN DIHAPUS